Minggu, 29 Juli 2012

Wisata Seputar Downtown


Tanggal merah. Tanggal yang dinanti kedua setelah tanggal gajian. Banyak dari kita memilih tinggal di rumah dan ‘bernapas’ (emang hari biasa ga bernapas?) atau saatnya hang out bareng teman atau keluarga, keluar rumah sekadar cuci mata atau justru mengunjungi tempat baru.

Bersama teman, saya kadang ngumpul Sabtu pagi di sekitar Depok. Sekedar ngumpul buat diskusi atau iseng karena tidak ada kegiatan. Lumayan dapet korban untuk di isengin atau dicela. Kalau Minggu, masih asik di sekitar Depok, kampus UI tepatnya, bersama seorang kawan, kadang anaknya ikut, kami bertiga berjalan pagi. Niatnya olah raga, tapi biasanya sarapan dan ngemilnya lumayan banyak. Ga masalah, kadang tujuan utama menjadi tidak penting setelah bertemu teman. Tujuan yang tidak dipikirkan, seperti curhat, justru lebih banyak membuang waktu dan membuang beban pikiran pada saat bersamaan. Curhat menyehatkan.

Disini, dimana kedekatan teman tidak secara fisik, tidak mungkin hang out bersama, saya lebih memilih mengelilingi tempat ini ketika libur. Tidak peduli berapa kali nyasar. Pengalaman pertama kali nyasar disini salah masuk blok. Alhamdulillah bisa balik dengan mengingat pepatah “Malu bertanya sesat di jalan.”

Setelah tiga kali ke Orleans, dua kali berkunjung ke tempat kawan dan sekali mampir di Asian Mart untuk membeli saos Indofood, telur puyuh, telur asin, dan ubi untuk membuat ubi goreng, akhirnya rute bis kesana bisa juga diingat. Sesuatu sekali rasanya.

Minggu lalu saya putuskan untuk mengelilingi downtown. Cuma berjalan berkeliling saja sambil mengambil gambar disana sini. Sebelumnya saya mengirim sms ke seorang teman yang saya kenal lewat internet untuk menanyakan apakah dia free hari itu. Namun tak ada balasan setelah satu jam berlalu. Sore hari baru saya mendapatkan telepon darinya mengabarkan bahwa dia baru saja bangun tidur. Hibernasi dimusim semi, pikir saya geli. Sebenarnya nothing to lose juga, karena saya mengajaknya mendadak.

Downtown tidak begitu asing lagi untuk saya. Sebelumnya saya pernah kesini bersama keluarga ini untuk melihat Tulip Festival. Walaupun ternyata tulip festival bukan di dekat sana, tapi berjalan beberapa blok disana saat itu meninggalkan gambaran sedikit diingatan saya tentang tempat tersebut. Kami lebih banyak menghabiskan waktu di Tulip Festival, serba Tulip. Tapi tetap saja pengetahuan saya tentang bunga tidak bertambah. Anggrek, kembang sepatu, kamboja merupakan tiga bunga yang familiar bagi saya selain mawar, melati semuanya indah.






Downtown, awalnya yang saya tahu hanya sekadar tempat dimana banyak gedung antic berjejer, mall, kedutaan-kedutaan, tapi ternyata menyimpan banyak keunikan tujuan wisata, salah satunya Rideau Canal. Itupun tahunya secara tidak sengaja ketika seorang kenalan yang ‘open mided’ menceritakan hal tersebut secara sekilas. Rasa penasaran saya timbul. Mbah Google langsung jadi tempat pertama yang saya tanya. Tanpa kemenyan dan sesajen, dalam sekian detik si Mbah memuaskan penasaran saya. Sambungan internet disini memang yahud!

Dengan modal handycam standar yang saya beli dari XS Cargo beberapa hari lalu, memori external 4 GB dan 4 baterai AAA rechargable, jadilah Sarah the Explorer mulai memutari tempat tersebut. Tujuan awal adalah gedung parlemen, karena hanya itu yang saya tahu. Sebenarnya beberapa hari lalu sempat googling letak Rideau Canal, tapi yang ditunjukkan adalah alamat dan peta. Alamat, jelas saya tidak tahu, peta? Saya buta peta.

Keluar dari Mall, yang merupakan penghubung dua pemberhentian bis, langsung jalan mengikuti pandangan mata yang menangkap menara gedung parlemen. Langkah saya terhenti ketika saya melihat potret-potret besar tentang Paul’s Boat Lines. Hore… sorak saya dalam hati, disini toh pemberangkatan dan tiket Rideau Canal. Lain kali saya akan kesini, mungkin sendiri atau dengan kawan, belum tau, tapi yang pasti, kalau tidak dicoba, akan penasaran seperti kata Bang Haji: sungguh mati aku jadi jadi penasaran….. lanjut mang!!!

Terpampang beberapa foto yang tidak saya baca keterangannya – mungkin lain kali – mungkin. Berjarak beberapa meter dari situ, terdapat tiket box yang menyediakan brosur tentang objek tersebut. Sebenarnya ada dua tiket box yang saya lihat. Satu lagi di bawah jembatan, di dekat boatnya. Dalam brosur disebutkan bahwa Paul’s Boat Lines ini ada sejak 1936. Penawaran wisata ada dua; Rideau Canal cruise dan Ottawa River Cruise.

 

Rideau Canal pada tahun 2012 ini tersedia sampai 2 September, jadi sekitar musim semi – panas. Musim dingin jelas ga ada. Berangkatnya dari Conference Centre dan memakan waktu kurang lebih 75 menit. Point of Interestnya disebutkan di brosur antara lain National Art Centre, Government Conference Centre, Lansdowne Park, University of Ottawa, Carleton University, Dow’s Lake, Experimental Farm, dan lain-lain. Tarifnya untuk dewasa CAD 20, senior dan pelajar CAD 18, anak-anak CAD 12, keluarga yang terdiri dari 2 dewasa dan 2 anak-anak CAD 52.

Kalau Ottawa River Cruise memakan waktu sekitar 90 menit dan point of interestsnya Parliament Buildings, Museum of Civilization, Napean Point, National Gallery of Canada, Royal Canadian Mint, dan lain-lain. Tarifnya untuk dewasa CAD 23, senior dan pelajar CAD 20, anak-anak CAD 14, keluarga yang terdiri dari 2 dewasa dan 2 anak-anak CAD 60. Paket combo ada juga, maksudnya ambil sekalian dua paket pada hari itu. Kalau dewasa CAD 38. Jangan lupa, harga sewaktu-waktu bisa berubah.

Selain Rideau Canal, ada juga Lady Dive, ini unik karena bisa mengelilingi kota dengan bis khusus dan bis tersebut bisa dive atau menyelam juga, sesuai namanya Lady Dive Land and Water Experience. Ada tujuh tour yang ditawarkan:

1. Ottawa – Gatineau Splash Amphibious Tour.
Tertulis di brosurnya: It’s a boat! It’s a bus! It’s Lady Dive Splash Tour. Menarik dan membuat penasaran. Turis akan dibawa berkeliling area National Capital di Ottawa dan Gatineau melalui jalan darat dan air. Perjalanan sekitar satu jam. Range tariff CAD 10.62 untuk anak-anak di bawah 2 tahun, dan CAD 86.73 untuk keluarga yang terdiri dari 2 dewasa dan 2 anak-anak. Dewasa CAD 30.97.

2. Amphibious and Bus Tour.
Tur ini menawarkan 1 dan 3 hari tur. Beda tariff tur satu hari san tiga hari kurang dari 3 dollar. Range tiket untuk bayi di bawah 2 tahun CAD 15.93 dan keluarga 132.30. Dewasa CAD 46.45.

3. Full Grand City Tour Hop On and Off 1 – 3 days.
Ini pas digunakan untuk mereka yang mau mengunjungi National Capital of Ottawa dan Gatineau. Bisa berhenti dibanyak tempat seperti museum, taman, galleri, dan banyak lagi menurut brosur di tangan saya. Tiket dewasa CAD 30.90 untuk tur 1 hari. Untuk 3 hari, CAD 35.40 untuk dewasa.

4. Bus and Canadian Museum of Nature Combo.
Tour ini menawarkan tur 1 dan 3 hari untuk ke Canadian Museum of Nature. 1 hari tur biayanya untuk dewasa CAD 38.97. kalau ambil yang 3 hari untuk dewasa biayanya CAD 43.40.

5. Exclusive Bus and Museum Combo.
Ini tur ke museum, ada paket yang sehari, ada yang tiga hari. Tarif dewasa sama dengan tur nomor 4.

6. Sunset Tour.
Sesuai namanya, sunset, pasti waktu turnya dan mepet ke gelap. Durasinya sekitar satu jam dan menawarkan lebih dari 75 sites yang penting dan popular di kota indang booooo.

7. Gatineau Park Fall Colours Tour.
Kalau yang ini butuh reservasi dan waktu turnya sekitar 4 jam – panjang bo – mengelilingi taman Gatineau dan berhenti sekitar 20 menit untuk mengunjungi the Champlain Belvederes, Lake Pink and MacKenzie Residence. Tiketnya untuk dewasa, senior, pelajar CAD 35.40 dan anak-anak 3-12 CAD 25.67.

Harga belum pajak dan sewaktu-waktu bisa berubah tanpa pemberitahuan, tertulis di brosur.

Masih ada hal lain lagi di downtown. Bersambung…

Semoga harinya menyenangkan dan sukses untuk semua ya…..

Wassalam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar